CARA / TIPS TERBAIK YANG DILAKUKAN KETIKA INTERVIEW & PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL SAAT INTERVIEW

Sekarang dalam mencari pekerjaan sangatlah sulit, selain karena dampaknya dari pandemi covid-19, banyaknya lulusan baru dan phk dari beberapa perusahaan yang gulung tikar juga menjadi masalah baru saat ini. karena jumlah dari lapangan pekerjaan dan pengangguran tidak imbang sehingga menyebabkan banyaknya persaingan dalam mencari pekerjaan bahkan ada yang menghalalkan segala cara untuk dapat masuk atau di terima bekerja di peusahaan yang di inginkan. berikut adalah beberapa tips ketika interview yang saya rangkum antara lain :


  1. Pastikan drescode ( baju ) anda tidak salah ketika interview. ketika kita mendapatkan panggilan interview maupun psikotes baik lewat telvon maupun sms/ wa pasti akan di infokan mengenai pakaian yang akan digunakan. terkadang pihak recruitor akan memberikan kententuan seperti baju putih celana hitam ataupun bebas rapi. bila memang bebas rapi pastikan pakaian yang kita gunakan tetap formal dan sopan serta tidak berlebihan sehingga kesan yang didapat oleh HRD juga baik mengenai penampilan.
  2. Datang tepat waktu. pastikan anda datang sesuai jadwal yang telah ditentukan atau lebih awal 15 menit dari jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya. sehingga anda tidak tergesa gesa dan bisa menata baju ketika sampai lokasi interview. dan ketika datang dilokasi interview tunjukan kepada satpam/ karyawan lain alasan anda datang ke tempat tersebut dengan menunjukan bukti SMS/WA/EMAIL dari pihak recruitor ( undangan interview ) dengan bahasa yang santun dan mudah dipahami.
  3. Alat tulis. meskipun terkadang tidak di infokan dalam undangan interview, patutnya kita tetap membawa alat tulis minimal 2 buah polpen dan satu buku tulis bila sewaktu-waktu dibutuhkan. karena ketika kita menulis daftar hadir interview atau pada saat interview ada tes tulis kita sudah siap tanpa harus meminjam kepada recruitor. ketika kita meminjam bolpoin dari recruitor maka kesan yang didapat tentunya kurang pas bila kita harus merepotkan seorang HRD.
  4. Gunakan bahasa yang santun dan tidak berlebihan.  dalam interview biasanya peserta akan disuruh untuk melakukan perkenalan diri. dahuluilah dengan ucapan selamat pagi, selamat siang, atau jika anda muslim gunakan salam sesuai dengan agama anda. dan apa saja yang perlu di perkenalkan atau di infokan ketika perkenalan ?? berikut hal hal yang dapat peserta interview perkenalkan kepada HRD.
  • Nama : 
  • Alamat : 
  • Tempat Tanggal Lahir 
  • Agama :
  • Hobi : 
  • Pendidikan Terakir  
  • Pekerjaan sebelumnya bila ada ( dalam hal ini bila ditanyakan kenapa keluar dari perusahaan sebelumnya maka saudara dapat menjawab" ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya" atau alasan alasan lain yang lebih masuk akal dan jangan alasan lain seperti: saya tidak suka dengan teman kerja, atasan, maupun masalah lain yang sifatnya merendahkan perusahaan sebelumnya ) 
5. Pertanyaan jebakan.?? apa kelemahan anda ? apa kelebihan anda ? dalam hal ini saya menyarankan anda untuk memberikan pernyataan yang jelas.m sebagai contoh : " kelemahan saya adalah pelupa bila mengingat banyak hal dalam satu waktu. untuk menutupi kelemahan itu  biasanya mencatatnya dalam catatan kecil di buku note dan akan saya buka sewaktu-waktu bila saya membutuhkannya kembali" sedangakan kelebihan saya " mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan sangat menyukai hal hal baru yang untuk saya pelajari sebagai pengetahuan baru yang perlu saya kembangkan kembali kedepannya" atau bisa saudara jelaskan sendirin sesuai dengan kepribadian saudara masing-masing. 

6. Cari informasi mengenai perusahaan. hal yang tak kalah  penting sebelum anda melamar pekerjaan atau sebelum test interview ,pastikan saudara mencari informasi mengenai perusahaan yang saudara lamar. tentunya penginterview akan menayakan alasan kenapa saudara memilih perusahaan tersebut?, apa yang saudara ketahui tentang perusahaan yang saudara lamar ?  jika saudara belum tau informasi mengenai perusahaan, tentunya saudara tidak akan bisa menjawab dengan tepat sesuai yang ditanyakan. 

7. Gaji, Berapakah gaji yang saudara inginkan ? saya rasa pertanyaan ini selalu muncul ketika interview. jika memang saudara merasa belum menguasai bidang yang saudara lamar. saya sarankan untuk menjawab " sesuai dengan standart perusahaan". setiap perusahaabn tentunya memiliki standart masing masing take homepay ( gaji ) di setiap bagian bidang usahanya. meliputi karyawan baru  maupun karyawan lama. akan tetapi jika saudara merasa cukup mampu dengan bidang /jobs yang saudara lamar maka saudara dapat menjawab sesuai dengan yang saudara ingikan. akan tetapi tetap dalam batas kewajaran. misal diatas UMR Kota yang saudara lamar dan tidak terlalu berlebihan. 

8. Kapan saudara bisa mulai bekerja ?? saudara dapat menjawab sekiranya 7-10 hari kedepan. jika memang saudara sudah siap saudara dapat menjawab "kapanpun saya siap". jika memang saudara masih karyawan di perusahaan sebelumnya. maka saudara dapat menjawab " untuk administrasi dari perusahaan sebelumnya adalah 14 hari tertanggal pengunduran diri. jadi saya bisanya setelah 14 hari dari info saya di terima disini pak/bu" dengan begitu tentunya akan tetap dapat menjaga hubungan baik antara saudara dengan perusahaan sebelumnya dan tetap menghormati aturan yang ada. 


nah bagaimana sudah ada gambaran ketika interview ?? atau masih deg deg an ?? tulis pertanyaan kalian dikolom komentar ya. "good luck" semoga cepat dapat kerjanya 

Komentar